MENURUT ANDA, BLOG INI ?

Tuesday 2 November 2010

Karena tidak semua umat Kristen mengakui doktrin Trinitas

Karena tidak semua umat Kristen mengakui doktrin Trinitas. Salah satu sekte Kristen yang radikal dalam menentang Trinitas adalah Saksi Yehovah (Jehovah Witnesses). Dalam buku Should You Believe in the Trinity? terbitan Watch Tower Bible and Tract Society of Pennsylvania (edisi Indonesia: Menolak Mitos Trinitas), Saksi Yehovah membantah doktrin Trinitas dengan segudang alasan, antara lain:

Pertama, hasil penelitian sejarah, seperti diungkap dalam buku The Paganism in Our Chistianity disebutkan, “The origin of the Trinity is entirely pagan” (Asal-usul Trinitas sepenuhnya berasal dari kepercayaan penyembah berhala).

Kedua, Trinitas adalah ajaran yang rumit dan membingungkan, sehingga The Encyclopedia Americana menyatakan, “Beyond the grasp of human reason” (Trinitas itu di luar jangkauan akal manusia). Padahal Allah itu bukan Tuhan yang menghendaki kekacauan (I Korintus 14:33). Maka tidak mungkin Allah mencetuskan doktrin mengenai diri-Nya sendiri dengan begitu membingungkan, hingga para sarjana dan ilmuwan pun tidak mampu menjelaskannya.

Ketiga, Trinitas tidak ada sumbernya dalam Bibel. The Illustrated Bible Dictionary, sebuah publikasi Protestan menyebutkan, “The Word Trinity is not found in the Bible… It did not find a place formally in the theology of the church till the 4th century” (Kata Trinitas tidak terdapat dalam Alkitab… Trinitas baru mendapat tempat secara resmi dalam teologi di gereja pada abad ke-4).

The Catholic Encyclopedia menambahkan, “In Scripture there is as yet no single term by which the Three Divine Person are denoted together. The word ‘Tri’as’ –of which the Latin trinitas is translation– is first found in Theophilus of Antioch about A.D. 180” (Dalam Alkitab tidak terdapat satu istilah pun untuk menyatakan ketiga oknum Tuhan yang disebut secara bersama-sama. Istilah ‘Tri’as’ –yaitu asal mula kata trinitas dalam bahasa Latin– mula-mula ditemukan dalam tulisan Teofilus dari Antiokhia kira-kira tahun 180).

Keempat, Trinitas tidak pernah diajarkan dalam Kristen yang mula-mula (primitive Christianity). The New International Dictionary of New Testament Theology menyebutkan, “Primitive Christianity did not have an explicit doctrine of the Trinity such as was subsequently elaborated in the creeds.” (Keyakinan Kristen yang mula-mula tidak mempunyai ajaran Trinitas yang gamblang seperti yang setelah itu dirinci dalam berbagai kredo).

Kelima, Para nabi utusan Allah selama ribuan tahun tak satupun yang mengajarkan Trinitas kepada umatnya. Berarti, Trinitas adalah penyimpangan dan kemurtadan dari kebenaran.

Keenam, Bibel baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru menegaskan bahwa Allah itu satu (monoteisme), bukan tiga (trinitas). Contoh ayat, “Dengarlah, hai orang Israel: Tuhan itu Allah kita, Tuhan itu esa” (Ulangan 6:4).

Dalam Perjanjian Baru, Yesus menyebut Allah dengan istilah “satu-satunya Allah yang benar.” Berarti Yesus juga menekankan monoteisme, bukan trinitas. Yesus bersabda, “Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus” (Yohanes 17:3).

Di bagian akhir buku tersebut, Saksi Yehovah menutup dengan seruan penolakan terhadap doktrin Trinitas: “Kebenaran Allah tidak dapat dikompromikan. Maka, menyembah Allah menurut syarat-syarat dari Dia berarti menolak doktrin Trinitas. Doktrin tersebut bertentangan dengan apa yang Allah katakan mengenai diri-Nya dalam kitab Yesaya 46:9 “Akulah Allah dan tidak ada yang lain, Akulah Allah dan tidak ada yang seperti Aku”.

Dengan pandangan seperti itu, jelaslah bahwa doktrin Trinitas adalah buatan manusia yang bertentangan dengan ajaran ketuhanan monoteisme yang dibawa oleh para nabi

6 comments:

  1. saya pernah bertemu dengan beberapa orang dari sekte saksi yehuwah, dan mereka lebih senang berteman dengan Islam daripada trinitas.

    J.W

    ReplyDelete
  2. siapapun anda, saya akui pemahaman anda akan kristen dan sejarahnya sangat luas.. Danial

    ReplyDelete
  3. Saksi yehova itu di cap sebagai sekte sesat..
    Dia bukan sekte dalam Kristen..tapi orang2 yg sakit hati.semua orang Kristen mengakui trinitas.
    Sebab ada tertulis,aku Dan Bapa adalah Satu.hal ini mau menunjukan yesus kristus Dan Allah adalah Satu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dan Bapa satu itu ajaran gereja,baca ayat 31 dst,Yesus menyangkal menyamakan diri dgn Tuhan atas tuduhan menghujat Tuhan oleh orang2 Yahudi.
      Yg satu itu pekerjaannya(ayat 31)bukan keilahiannya.
      Di kitab Taurat disebut Allah,mereka gak dituduh menghujta Allah,tp Yesus kok dituduh.itu sangkalan Yesus.
      Baca ayat2nya gak cm ajaran mingguan doang.

      Delete
  4. Judulnya, Karena tidak semua umat Kristen mengakui doktrin Trinitas. jelaslah sudah....sumber dari judul diatas adalah dari saksi yehova yg merupakan sempalan/sekte sesat/tdk di akui oleh seluruh penganut kristen di dunia, dgn kata lain jumlah penganut saksi yehova sangatlah sedikit dibandingkan dgn penganut kristen diseluruh dunia yg mengimani Trinitas. buku ini tdk dpt dijadikan rujukan/rekomendasi. Sama halnya dgn ahmaddiyah (baik itu buku2nya, ustdaz2nya) yg tidak mewakili/representasi wajah/ajaran islam yg sesungguhnya

    ReplyDelete
  5. sayang sekali blog ini gak laku mas. maaf. dari trinitas aja anda sudah salah. sebenarnya penelitian yang benar adalah sejak jaman yahudi dulu waktu belum ada jaman firaun ataupun abednego. naaah lo, kalo sumbernya juga gak bisa di percaya mas, dari penganut saksi jehovah. saksi jehovah is not Christian. nama Tuhannya aja hanya Jehovah. gimana mau mengakui Yesus dan Roh kudus.

    ReplyDelete

tinggalkan komentar dan nama anda